Ini Dia Keunggulan Menggunakan Jam Dinding Digital Waktu Sholat

Menurut umat muslim jam dinding digital waktu sholat dapat dijadikan sebagai pilihan tepat saat menentukan jadwal sholat. Ada beberapa keunggulan yang diimliki jam digital masjid ini. Diantaranya keakuratan informasi mengenai waktu sholat, dengan begitu kita tak perlu ragu lagi saat akan melaksanakan ibadah sholat. Selain itu, jadwal mengenai waktu sholat pun tertulis jelas dalam jam dinding digital masjid.

Apa Itu Jam Dinding Digital Masjid?

Jam dinding digital waktu sholat merupakan salah satu diantara sekian banyak produk perangkat elektronik yang memiliki kemampuan untuk menampilkan jadwal waktu sholat yang sudah disetting otomatis disesuaikan dengan waktu pelaksanaan sholat di masing-masing wilayah. Dengan memakai jam dinding digital masjid tersebut, kita tak perlu menerka-nerka lagi seperti saat kita memakai jam analog pada umumnya. Terlebih lagi, yang namanya jadwal waktu sholat memerlukan keakuratan serta adzan sebagai tanda masuknya waktu sholat.

Produk jam dinding digital waktu sholat ini menawarkan fungsi untuk membantu orang-orang muslim memberi peringatan waktu sholat sebelum adzan. Biasanya, ketika memasuki waktu adzan, jam doigital ini langsung memberikan peringatan lewat nada beep.

Apa Saja Kelebihan Jam Dinding Digital Masjid?

Jam dinding masjid ini memanfaatkan tekonologi LED/digital lalu mengeluarkan cahaya sebagai penunjuk waktu sholat. Dengan kemampuan teknologi inilah, membuat jam digital ini menyuguhkan keunggulan dapat digunakan dimana saja walaupun di dalam area yang kurang pencahayannya Selain itu, fungsi dari jam digital waktu sholat ini lebih banyak dan lebih baik jika dibandingkan jam analog pada umumnya.

Jika pada jam analog, biasanya hanya dapat memberikan informasi tentang waktu saja. Sedangkan pada jam dinding digital ini bisa memberikan informasi tentang waktu muadzin agar dapat mengumandangkan adzannya. Selain itu, kapan waktu harus iqomah sebab jam dinding digital ini mempunyai sistem yang dapat mengatur jeda antara waktu adzan dan waktu iqomah sekaligus dapat diatur sendiri.

Dengan banyaknya permintaan jam dinding digital untuk masjid ini, khususnya digunakan di masjid-masjid, tentu saja kini ada banyak produsen yang mulai membuat jam dinding digital tersebut. Sebagai konsumen Anda harus dapat memilih jam dinding digital masjid terbaik yang harganya cukup terjangkau dengan kualitas yang tidak asal-asalan.

Setiap produk jam dinding digital waktu sholat, mempunyai model atau bentuk dengan fungsi yang berbeda. Umumnya semakin besar ukuran jam dinding digital masjid ini, maka harganya pun semakin mahal. Sama halnya jika Anda memilih jam tangan dengan banyak fungsi, yang harganya juga semakin mahal.

Bagaimana Cara Pengaturan Waktu Sholat Pada Jam Dinding Digital Masjid?

Jam dinding digital waktu sholat mempunyai kecepatan yang jauh berbeda dari jam dinding lainnya. Untuk setting waktu jam digital ini adalah dengan cara menekan tombol berupa menu yang terdapat di samping kiri bagian atas alat peraga, lalu tekan up untuk menambah/mempercepat atau dengan cara menekan down untuk mengurangi/memperlambat waktu, menyesuaikan kondisi.

Adapun susunan pengaturan yang terdapat pada menu tersebut ialah tahun, bulan, tanggal, hari, menit, jam, set jadwal on off dan set jam on off. Sebagai contohnya, untuk setting menit yang terlambat selama 4 menit dibandingkan jam lainnya, Anda dapat menekan tombol menu sampai 2 detik lamanya, lalu tekan sekali lagi menu untuk pengaturan menit lalu tekan up hingga 4 kali. Jika pengaturan waktu lainnya tak akan diubah, berikutnya lanjutkan dengan menekan tombol menu sebanyak 6-7 kali tanpa menekan tombol up maupun down dengan mengabaikan settingan waktu lainnya sampai alat peraga waktu sholat beroperasi normal kembali.

Pengaturan Jam Dinding Digital Masjid

Fungsi dari fitur jam dinding digital masjid ini ialah untuk mengingatkanagar muadzin segera mengumandangkan adzan jika sudah memasuki waktu sholat. Adapun peringatan yang ditampilkan biasanya berupa bunyi beep secara berulang disertai tampilan yang terdapat pada display.

Pada umumnya, waktu sholat tersebut rentan berubah, adapun faktor perubahan tersebut diantaranya dikarenakan database jadwal waktu sholat yang telah tersimpan tak sesuai wilayah untuk Baturaja, selain itu default waktu sholat yang tersimpan biasanya waktu sholat untuk kota Palembang. Adapun perubahan jadwal waktu sholat di kota Baturaja dengan Palembang membuat Anda harus rajin-rajin melakukan pengecekan apakah jadwal waktu sholat yang ditampilkan sudah sesuai atau malah melenceng.

Dalam mengatur waktu sholat supaya sinkron antara waktu yang ditampilkan dengan kondisi saat ini, Anda harus memiliki jadwal yang up to date berdasarkan jadwal yang dirilis lembaga resmi, seperti jadwal imsakiyah yang dikeluarkan oleh Kantor Kementrian Agama Baturaja.

Biasanya display menampilkan waktu yang hendak diatur lewat urutan berupa syuruq, waktu subuh, waktu dzuhur, waktu ashar, waktu maghrib, dan waktu Isya. Contohnya, Anda ingin mengatur ulang waktu sholat maghrib yang terlalu cepat hingga 2 menit, lalu Anda pun bisa menekan tombol up hingga 2 detik, lalu tekan tombol menu lagi sebanyak 5 kali hingga tampil pada display menu setting waktu maghrib, selanjutnya tekan tombol down 2 kali.

Akan tetapi jika ternyata masih menemui kendala saat mengatur jam dinding dgital waktu sholat ini, kemungkinan hal tersebut dikarenakan tanda plus maupun minus yang muncul berdekatan dengan angka yang hendak diatur, adapun untuk mengubah tanda tadi bisa dilakukan dengan menekannya selama 3 detik pada tombol menu hingga muncul bunyi beep disertai perubahan tanda yang terdapat pada display.

Author: admin